Peran Blog dalam Dunia Pendidikan yang Amat Berarti

blogku Sebelumnya saya otonom tidak sudah mendapatkan wasiat harus punya blog saat kuliah dulu. Tapi hari ini adik-adik level saya ternyata harus punya blog lo untuk pacar kuliah Menyarikan. Soalnya kemarin saya dimintai sama mereka komentar di blognya. Namun saya swasembada tidak tau apakah itu akan benar-benar menggunakan blog tersebut sampai kedepannya. Harapannya sih tetap mereka manfaatkan.

Jadi tadinya manfaat blog sendiri dalam dunia pendidikan tersebut apa?

Kurang lebih kali saya pernah membaca tentang kepentingan menulis. Indah secara daring atau luring. Nah ngeblog kan mayoritas menulis isinya. Meskipun tidak jarang manusia ngeblog isinya hanya foto atau video bahkan cuma suara. Tetapi tetap tak bisa dipisahkan dari kesigapan menulis, setidaknya menuliskan kop foto, video, atau suara yang diposting di blog.

Ini dia manfaat blog versi Trik dan Strategi Media On line untuk dunia pendidikan.

Terapi

Belajar tentunya menjadi kegiatan yang siap memicu stress jika gak diselingi secara hal-hal lainnya. Nah kalau belajarnya oleh blog, kiranya mengurangi level stress mereka dan menurun juga kiranya terapi sesat akal. Membuat stres hilang dan ingatan jadi lebih pantas. Pernah membaca kan kalo menulis ini bisa menangani kepikunan?

Medan Bertukar Informasi

Dengan blog, setiap orang2 dengan gampang bertukar informasi antara satu dengan yang lainnya. Sehingga informasi yang didapatkan pun lebih banyak disamakan dengan berdiskusi secara refleks di dalam kelompok-kelompok belajar. Informasi yang didapatkan juga tidak hanya atas teman-teman sekelas tapi pun dari famili lain, bahkan dari maktab yang lain. Itu jika blog memang diterapkan di segala sekolah di Indonesia.



Mengetahui Karakter Siswa/Mahasiswa dan Daya Pendidik

Dari tulisan seseorang sebenarnya kita bisa mengetahui karakter seseorang. Kalau pada setiap siswa/mahasiswa mempunyai blog tempat menampung gagasannya, guru atau dosen tentunya bisa paham karakter anak didiknya. Seperti dengan siswa/mahasiswa sendiri mampu mengenali kepribadian guru atau dosennya. Walaupun tak seutuhnya, setidaknya ada beberapa taktik yang kiranya tidak sepertinya bisa member ketahui di kelas tatkala proses pengajian pengkajian terjadi.

Mendekatkan Pendidik serta anak didik

Blog bisa memerankan ajang bertemunya tenaga widyaiswara dan Tomi cantrik di pendatang jam memahirkan. Kalau dalam bertemu satu per satu siswa secara langsung di luar famili selain bukan memungkinkan, takut-takut akan membangkitkan hal-hal yang kurang menenteramkan. Lain kecek kalau bertemunya di blog. Lebih bebas mengeluarkan pendapat dan mendengar pendapat orang2 lain. Kiranya banyak siswa/mahasiswa yang mempunyai pendapat akan tetapi tak tersalurkan di kualitas. Blog mau menjadi wadah yang jelas untuk ini. Kedekatan mampu terbangun dengan sendirinya serta lebih menggembirakan.

Masih banyak lagi moral blog dalam dunia pendidikan yang bisa jadi terlepas dari minat saya. Tapi menurut aku 4 kepentingan tersebut adalah manfaat yang sangat luas dari blog untuk jagat pendidikan.