Cara Memelihara Tumbuhan Hias pada Pot

Bagaimana cara menjaga tanaman hias agar tumbuh subur? Memilikinya tanaman hias di halaman rumah mampu membuat suasananya terlihat kian indah dan alami. Tidak peduli meskipun tanaman itu hanya berkembang di satu diantara sudut bait saja, tapi manfaatnya bisa dirasakan per seluruh ahli rumah. Di antaranya dapat menyenangkan pikiran, meredakan hati, menyejukkan mata, dan merelaksasi ada.

Supaya tanaman-tanaman hias yang terdapat pada pekarangan graha Anda sanggup tumbuh subur, tentu saja Kamu perlu terus-menerus merawatnya secara rutin. Faktanya, bentuk pemeliharaan tersebut tentu disesuaikan dengan karakteristik masing-masing tanaman. Ada tanaman yang sangat menyenangi air, namun tidak sedikit pula tanaman hias yang justru akan mati apabila mendapatkan tirta yang musykil.



Nah, biar semua tumbuhan peliharaan Kamu bisa tumbuh dengan subur, silakan jajal kiat-kiat sebagai berikut!

Penyiraman

Setiap vas selalu menyandang lubang pada bagian bawahnya. Fungsi ruang tersebut adalah sebagai terbis keluar maka itu media menanam pun bukan tergenangi uap. Pada saat Anda mau menyiram tumbuhan, usahakan supaya air yang kalian berikan sudah mencukupi kehendak tanaman. Tandanya ialah larutan tersebut telah keluar daripada lubang vas.

Kelembaban

Rutin tanaman hias membutuhkan tingkat kelembaban yang cukup. Dalam melihat apakah kelembaban udara sudah cukup atau belum, Anda dapat memeriksa kondisi tanaman ini. Jika terlihat bagian insang yang mengering atau ada bintik-bintik berpoleng cokelat, Engkau harus mencampur tingkat kelembaban udaranya.

Pencahayaan

Tidak semua tumbuhan mampu bertahan ribut di ruangan yang meraup pencahayaan minim. Beberapa tumbuhan tersebut bakal tumbuh dengan baik pada lingkungan yang terbuka untuk dapat melangsungkan proses pernapasan. Jika Dikau ingin menyembunyikan tanaman dalam rumah, usahakan Anda mengeluarkannya sebentar saat pagi hari.

Kesuburan

Kecuali cahaya, udara, dan tanaman hias bunga kelembaban, tanaman juga memerlukan bahan organik sebagai makanannya. Pastikan Anda menyampaikan pupuk organik secara tetap, minimal pada setiap 3 bulan sekali. Kalau dibutuhkan, Kamu juga perlu mengganti media tanam itu agar sinambung memiliki tingkat keasaman yang normal.

Kebersihan

Semua makhluk hidup akan hidup makmur apabila keadaan fisiknya terang. Begitu juga dengan tanaman. Tumbuh-tumbuhan yang selalu bersih bakal terlepas dari hantaman hama serta penyakit. Penampilan tanaman pula biar akan tampil lebih indah. Anda dapat membersihkan setiap helai patera tanaman hias tadi memakai air.

Penyakit

Tanaman hias tidak terperosok dari gangguan hama. Usahakan letakkan tanaman di tempat yang tenang. Lakukan kelakuan pengendalian secara alami terlebih dahulu beserta membuang hama-hama seperti ulat, kumbang, serangga, atau melata yang dijumpai di sekitar tanaman.

Pot

Perhatikan titik temu antara standar pot secara tanaman. Tiru pot mereka secara regular sesuai ukuran dan usia tanaman. Secara menggunakan pot yang akurat, maka pertumbuhan tanaman meski dapat berlangsung sempurna olehkarena itu kebutuhan air dan nutrisinya tercukupi secara baik.

Pemangkasan

Pemangkasan bertujuan untuk merapikan struktur tanaman sekaligus meremajakannya. Tanaman yang dipangkas secara teratur terbukti mempunyai kemajuan yang kian baik. Pemangkasan dilakukan di bagian-bagian tumbuhan yang pasif, kering, berpenyakit, atau kendati rusak.

Baja

Disarankan untuk menggunakan gemuk organik sebagai sumber nutrisi tanaman punya Anda. Cobalah menggunakan kotoran ayam yang telah matang / sampah atas dedaunan. Berikan pupuk alami ini menyimpangkan tidak setiap 3 bulan sekali.

Pengelompokan

Agar tampilan tanaman-tanaman kepunyaan Anda tampak semakin indah, cobalah mengatur posisinya sedemikian rupa. Letakkan tanaman yang pendek pada posisi paling depan diikuti oleh tanaman-tanaman yang ukurannya lebih tinggi. Bila kudu, Anda kendati dapat menggerawatkan pot-pot yang berisi tumbuhan rambat.