Teknik Sukses Berlatih Sejarah

Itulah kata-kata sanjungan yang dilontarkan orang ketika membicarakan Bu Ima. Siapakah Bu Ima itu? Dia adalah seorang pengusaha Perempuan yang suskes. Bidang usahanya bermacam-macam, sejak pertanian, perdagangan, Industri, & jasa. Dia merintis jual beli tersebut sedari nol. Mengapa dia siap sesukses ini? Ketika teka-teki itu dilontarkan, jawaban yang muncul tentu tidak terduga. "Saya memahirkan dari sejarah, " demikian katanya. Apa-apa kaitan silsilah dengan sukses yang diraihnya? "Saya mencontoh keberhasilan yang diraih per para wajah sejarah dan menghindari kealpaan yang tersebut lakukan, " jawabannya amat masuk akal.

Dari ilustrasi dalam atas siap ditarik tajuk betapa pentingnya ilmu histori bagi nasib kita. Ternyata ilmu cerita sangat produktif dalam menyandang cita-cita. Segala sesuatu cita-cita engkau? Karena itulah anda pantas belajar sejarah. Bagaimana cara belajar silsilah yang baik?

Mengaitkan materi

Sejarah adalah rangkaian kejadian. Peristiwa yang terjadi sekarang akibat peristiwa masa dan kemudian, dan menjadi penyebab kasus yang akan datang. Nah, rangkailah peristiwa-peristiwa itu. Buatlah ikatan kejadian / ringkasan agar mudah tersimpan dalam memori otak kalian.

Menyimak

Simaklah materi yang ada di buku ataupun yang disampaikan oleh guru kita. Atau carilah informasimisalnya dari Iternet untuk melengkapi pemahaman kalian.

Mencatat dan membuat resume

Buatlah komentar kecil tentang apa yang dijelaskan inang. Tempelkan catattan tersebut di dinding ruang, di meja belajar, atau dimanapun agar dapat dipandang ketika kalian lupa. Pulih! Catatan tersebut bukan untuk mencontek.

Menciptakan Kata Kunci



Buatlah kata-kata yang akan mengisyaratkan kalian mengenai hal yang berkaitan beserta sejarah. Tiruan: Kata India: akan menegur kalian mengenai Mahatma Ghandi, kata Majapahit mengingatkan hendak Gajah Mada dan berikutnya.

Tanya Jawab Berpasangan

Untuk lebih memperkuat daya ingat kalian, ajaklah teman kalian dalam bertanya jawab mengenai materi ilmu yang telah dibahas. Semakin acap kalian berbuat tanya jawab jadi semakin sempit materi ini dalam ingatan kalian.

Berbuat kegiatan

Lakukanlah kegiatan dalam memperkuat kesadaran kita mengenai sejarah. Contohnya berkunjung di tempat-tepat silsilah seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Benteng-benteng pada masa penjajahan yang masih terselip dan sebagainya.

Melatih kemampuan

Dalam mengetahui kesuksesan metode belajar kalian, ujilah kemampuan kalian dengan soal-soal latihan yang ada buku materi sejarah. Ketika mengerjakan latihan ini, usahakan tidak melihat pokok. Kerjakan semampu kalian & nilailah dengan jujur, peringkat yang kedapatan menunjukan tingkat keberhasilan manfaat mempelajari sejarah kalian.

Ok! Luput mencoba, mudah-mudahan nilai sejarahmu baik!